PANDUAN AKADEMIK PROGRAM SARJANA TEKNIK PERTAMBANGAN
Kurikulum adalah pembentuk dan panduan proses pendidikan yang juga sebagai orientasi keilmuan yang akan dipelajari dan dikuasai oleh mahasiswa. Kurikulum disusun untuk memasitkan ketercapaian pembelajaran di program studi dalam rangka membentuk sebuah Profil Lulusan. Oleh karena itu, kualitas pembelajaran dan lulusan sangat dipengaruhi oleh desain, struktur, dan orientasi kurikulum di program studi. Kurikulum diddesain dan dikembangkan untuk menjawab visi dan misi program studi, mengakomodasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan pemangku kepentingan pengguna lulusan.
Prodi Sarjana Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral dan Energi (FTME) UPN "Veteran" Yogyakarta menggunakan Kurikulum 2023 yang ditetapkan penggunaannya dalam Keputusan Rekntor Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta Nomor 2026/UN62/KR/KEP/2023. Pengembangan kurikulum ini mempertimbangkan beberapa hal yaitu:
Pertimbangan Yuridis
- Undang-Undang No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
- Peraturan Presiden Republik Indonesia No 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
- Peraturan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
- Peraturan Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta No 6 Tahun 2021 jo No 7 Tahun 2022 tentang Pokok-Pokok Peraturan Akademik
- Peraturan Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta No 8 Tahun 2022 tentang Pedoman Tugas Akhir Mahasiswa UPN "Veteran" Yogyakarta
Pertimbangan Hasil Evaluasi Kurikulum
- Hasil Evaluasi Kurikulum Program Studi di lingkungan Fakultas Teknologi Mineral Tahun 2020
- Hasil Focus Group Discussion Pengembangan Kurikulum Berbasis OBE dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Prodi Teknik Pertambangan Tahun 2021 dan Tahun 2022
Kurikulum 2023 disusun dalam rangka melakukan delineasi terhadap 4 profi lulusan yang dimiliki oleh Prodi Sarjana Teknik Pertambangan UPN "Veteran" Yogyakarta yaitu:
Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
Engineer Profesional | Menjadi engineer di bidang industri pertambangan yang memiliki keahlian umum dan khusus terkait bidang pekerjaan yang dilakukan dengan tetap memperhatikan etika dan regulasi terkait dalam pelaksanaan pekerjaan. |
Akademisi | Menjadi profesional di bidang akademik yang memiliki kemampuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang lain dengan berpegang pada prinsip pembelajar sepanjang hayat yang mengedepankan etika dalam berkarya. |
Aparatur Sipil Negara (ASN)/Birokrat | Menjadi ASN/Birokrat pada instansi-instansi pemerintah yang memiliki keahlian umum untuk menerapkan ilmu dan pengetahuan dasar dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas. |
Wiraswasta | Menjadi wiraswasta pada bidang terkait pertambangan maupun lainnya yang memiliki keahlian untuk melakukan pengelolaan keuangan dan personil secara berkelanjutan yang mengedepankan etika bisnis. |
Capaian Pembelajaran Lulusan
Capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang diharapkan dari proses pendidikan di Prodi Sarjan Teknik Pertambangan disusun berdasarkan kesepakatan bersama program studi sejenis dalam Forum Komunikasi Program Studi Teknik Pertambangan Indonesia (Forkopindo) dan nilai dari perguruan tinggi UPN "Veteran" Yogyakarta yaitu sebagai berikut:
No |
Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
CPL 1 |
Mampu mengidentifikasi, memformulasikan, dan menyelesaikan permasalahan rekayasa (engineering) dalam bidang pertambangan dengan menerapkan prinsip-prinsip rekayasa, sains dan matematika. |
CPL 2 |
Mampu menerapkan perancangan rekayasa untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang pertambangan dengan mempertimbangkan K3, faktor global, budaya, sosial, lingkungan dan ekonomi. |
CPL 3 |
Mampu berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dengan berbagai pihak terkait. |
CPL 4 |
Mampu bertanggung jawab dan mematuhi etika profesi dalam bidang rekayasa pertambangan serta membuat keputusan dengan mempertimbangkan dampak terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan secara global. |
CPL 5 |
Mampu bekerja sama dalam tim secara efektif, berjiwa kepemimpinan, menciptakan suasana yang kolaboratif dan inklusif, serta mampu menetapkan target, rencana dan tujuan secara objektif. |
CPL 6 |
Mampu mengembangkan dan melakukan eksperimen secara tepat, menganalisis dan menginterpretasi data serta menarik kesimpulan dan mengambil keputusan secara teknis. |
CPL 7 |
Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk menerapkan pengetahuan kekinian yang relevan sesuai kebutuhan dengan strategi tepat. |
CPL 8 |
Mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan dengan menyesuaikan perkembangan dunia usaha dan/atau industri. |
CPL 9 |
Mampu mengimplementasikan nilai – nilai dasar Belanegara. |